SLIDE1

Like capcai in here all things can be mix, put together, and absolutely delicious. Cause this is not common capcai. This capcai is burned out.

30 April 2010

VOC, Inovasi Terbaik Belanda (3)

30 April 2010 capcai bakar




Di dua artikel sebelumnya si Capcai membahas lima hal yang Belanda banget menurutnya dan mengapa VOC merupakan inovasi terbaik dari sudut wajan eh pandang Capcai. Kalau belum membaca kedua artikel tersebut silahkan dibaca dulu ya.

Apa sih yang bisa kita pelajari dari sejarah VOC?

1. Dukungan Pemerintah mendorong Perekonomian

East India Company tidak dapat mengimbangi VOC karena tidak memiliki kapasitas eksekusi, kelemahan organisasi dan kurangnya dukungan pemerintah Inggris. Pemerintah sebagai regulator harus menciptakan iklim perekonomian yang kondusif. Birokrasi yang efesien, biaya yang minimal, jalan yang bagus, keamanan, perlindungan terhadap usaha kecil, perlindungan terhadap produksi dalam negeri, dan banyak lagi.

2. Kemampuan Berwirausaha.

VOC berjaya karena cermat mengenali kelemahan lawan dan memanfaatkannya dengan cepat. Peluang bisa muncul kapan saja dan di mana saja, persoalannya adalah bagaimana menemukannya pada saat yang tepat dan mengeksploitasinya secara cepat sebelum ia hilang. Semua orang, perusahaan, dan negara perlu menguasai keahlian ini. Makin banyak orang yang berwirausaha, jumlah pengangguran akan semakin menurun. Makin banyak perusahaan kecil berkembang menjadi besar, perekonomian negara akan semakin maju. Semakin kompetitif negaranya, waahh semakin sejahtera rakyatnya.

Kalau masih belum percaya Belanda itu pembisnis hebat coba Anda lihat ke dapur, lihat ke kamar mandi dan lihat alat kosmetik anda. Berapa persen yang bukan produk Unilever?

Di saya semuanya dari unilever *haha*.

Kalau saya menyebutkan Mie ABC dan kecap ABC anda pasti langsung tahu produk-produk tersebut berasal dari perusahaan yang sama. Tapi kalau saya sebut Citra, Dove, Lux atau Lifebuoy apakah anda tahu kalau mereka adalah produk unilever? Kalau shampo clear dan sunsilk? Sama itu masih produksinya Unilever loh. Gimana kaget? hihi


Dari semua produk diatas berapa produk yang tidak anda sangka merupakan produk Unilever?

Gambar diambil dari web Unilever Indonesia

Strategi yang dijalankan perusahaan dengan 163.000 karyawan dan penjualan di 170 negara ini adalah membuat berbagai macam produk untuk semua jenis kelamin, beragam usia, tingkat pendapatan berapa saja, dengan kemasan yang secara regular diubah.

Tanpa sadar konsumen memenuhi rumahnya dengan produk perusahaan. Packaging yang terus diubah membujuk konsumen untuk terus mencoba produk “baru”. Strategi ini juga menyelamatkan perusahaan jika terjadi pemboikotan produk. Mau memboikot ABC akan jauh lebih muda daripada memboikot Unilever. Strategi yang sangat-sangat cerdas kan?

3. Kembangkan usaha dahulu, baru nikmati

Perjanjian saat VOC didirikan menyebutkan pembagian dividen dilakukan setelah 20 tahun. Keuntungan yang ada direncanakan dan digunakan untuk mengembangkan perusahaan terlebih dahulu. Bukan untuk mensejahterakan pemegang saham.

Disini kita belajar saat mendirikan usaha, keuntungan yang ada harus diputar untuk menambah modal kerja, baru setelah mapan dapat digunakan untuk menyenangkan pemilik. Negara pun harusnya seperti itu, pendapatan yang ada harusnya digunakan untuk membangun industri, sekolah, jalan, dan lain-lain, bukan untuk pembelian rumah dinas, mobil dinas dan barang-barang konsumsi lainnya.

4. Kerjasama antar Negara

Kolonial sudah mengkapling-kapling dunia dengan Perjanjian Tordesillas. Perjanjian ini memberi hak monopoli kepada Spanyol dan Portugis guna menyebarkan agama Ketika Inggris dan Belanda tidak mengakui perjanjian ini , maka perjanjian yang lebih spesifik dibuat. Misal nya Inggris tidak diperbolehkan ke Amerika Selatan sementara Spayol dilarang ke India.

Itu pentingnya kita bergabung dengan ASEAN.

5. Persatuan dan Kesatuan itu penting

Politik adu domba berhasil melemahkan kita, karenanya semua orang pasti memahami pentingnya persatuan. Bukan hanya skala negara loh, dalam perusahaan juga. Jangan mau dipecah belah oleh pesaing. Kondisi negara atau perusahaan yang sudah terpecah belah dan saling curiga tidak akan bertahan dari gempuran pesaing, apalagi mampu berinovasi dan memimpin pasar.

6. Korupsi dan kondisi politik yang tidak stabil menghancurkan ekonomi

VOC kolaps karena korupsi pejabat yang menyebabkan pengeluaran jauh lebih besar ketimbang pemasukan. Pemasukan VOC juga berkurang karena sebagian besar pelayaran terancam dirampok oleh pelaut Inggris atau Spanyol. Saat itu semua kapal milik musuh boleh dirampas.

7. Ilmu, Belajar, dan kreatif


Tentunya masih banyak hal-hal yang bisa kita pelajari dari sejarah VOC ini, namun saya suka miris melihat komentar “ngapain sih memuji bahkan belajar dari penjajah”. Ayo dong jadi orang-orang yang tidak membiarkan sejarah masa lalu mengganjal langkah masa depan. Ilmu itu kan bisa didapat dari siapa saja.

Seperti kata Pak Kwik Kian Gie:

“VOC telah meletakkan landasan untuk sebuah negara yang modern dengan rumah tangga bangsa yang teratur, seperti pembukuan, catatan harian, pegawai negeri tetap, pembagian fungsi-fungsi yang jelas, penganggaran, sistem perpajakan, struktur kepengurusan dan pertanggungjawaban. VOC adalah pendahulu dari sebuah negara yang modern."

Lagipula Belanda itu jendela Eropa untuk melihat Indonesia. Belanda memperkenalkan Indonesia dengan nama jalan dan restorannya. Indonesia loh.. Indonesia bukan Bali.

Jadi ayo hilangkan trauma akan penjajahan ini, hilangkan dendam dan melangkah maju. Maafkan tapi jangan lupakan, ini pelajaran emas yang kita dapat dengan cara paling pahit.

--------------------------------------------------------------------------------------------------


Ngomong-ngomong apa sih lima hal yang Belanda banget versi kamu? Dan apa keunggulan VOC yang bisa kita pelajari menurut kamu? Let me know ya!

29 April 2010

Sate Pak Gino (Bandung)

29 April 2010 capcai bakar

Jadi ceritanya saya suka banget makan sate kambing, yang dagingnya aja, ga pakai lemak atau jeroan. Lemak dan jeroan itu masih bau kambing menurut saya. Favorit saya sate kambing dekat rumah tante di Rawamangun-Jakarta. Uhhh tiap berkunjung ke sana saya pasti menyeret kakak untuk makan sate kambing. Iyaaa minta dibayarin juga. Itulah enaknya jadi adik. Hahaha.

Di bandung belum pernah ketemu yang enak. Saya pernah mencoba Sate Anggrek. Enak. Murah. Besar. Setengah porsi aja udah kenyang. Tapi dingin. Ga dipanasin lagi. Mmm kebayang dong makan daging kambing dingin-dingin. Tiga kali kesana ga bikin saya makin ketagihan. Eneg.

Jadilah saya mencoba Pak Gino. Ini sate terkenal di Bandung looohhh. Waktu itu saya datang menjelang tengah malam, dan hebatnya satenya tetap dibakar dulu. Ga seperti Sate Anggrek yang udah distok dan baru dikecap kalau ada yang pesan. Dihidangkan di hot plate.. jadi tetap panas.. uhhh love it.

Rasanya juga enak.. ga bau kambing. Uhhh *ngeces lagi* Porsinya gede.. tapi tetap habis. Yak tengah malam makan kambing... Ga sehaaattt!




Pilihan bumbunya... slurrrppp



Saya juga memesan tongseng kambing.. dan.. yang juara tetap satenya. Tongsengnya manis dan rasanya kog seperti pakai bumbu instan ya? Apa bumbu instan itu yang oke punya hingga mirip aslinya?



Buat yang ga suka kambing, disini juga disediakan ayam dan sapi. Terus kalau mau mewah ada kambing gulingggg... pengen nyoba.



Cuma karena dimasak dulu, nunggunya agak lama. Cukup lama hingga saya bisa menggila. Hahaha.



Kesimpulan: WAJIB COBA UNTUNG PENGGEMAR KAMBING.

Lokasi : Jl. Sunda no 76 Bandung
Menu : terkenal dengan sate kambingnya. disini juga sedia kambing guling dan aqiqah
Harga : mulai dari 24.000 untuk 10 tusuk



Artikel ini merupakan lanjutan dari "VOC, Inovasi Terbaik Belanda (1)". Di artikel sebelumnya si capcai membahas lima hal yang Belanda banget. Silahkan dilihat dan dikomentari dulu *kalau belum*.

Kog praktek monopoli dibanggain sih?

Sebenarnya saat itu seluruh perdagangan di dunia bertujuan untuk melakukan monopoli. Perdagangan dengan kekerasan senjata juga merupakan hal yang lumrah. Tidak hanya dilakukan oleh Portugal, Spanyol dan Inggris. Raja-raja di Indonesia seperti Sultan Iskandar Muda dari Aceh dan Sultan Agung dari Mataram juga melakukan praktek "perdagangan" seperti ini. Monopoli yang mereka lakukan juga menelan korban jiwa yang besar loh.

Bahkan sangking ganasnya Sultan Agung dalam mempertahankan monopoli dagangnya di Jawa, ia dijuluki "Genghis Khan dari Jawa". Armada Sultan Iskandar Muda juga mendeportasi, membunuh, dan membakari penduduk di pantai Malaya untuk menjaga harga rempah. Terdengar mirip praktek Hongi-nya Belanda kan?

Jadi praktek monopoli itu bukan hanya dilakukan VOC, namun hanya VOC yang paling berhasil menerapkannya di Indonesia.


Lalu gimana politik adu dombanya?

Pernah dengar Perang Bubat[1]? Perang ini ceritanya terjadi karena Gajah Mada mengadu domba kerajaan Sunda dengan Majapahit. Puteri Dyah Pitaloka Citraresmi yang tadinya dibawa sebagai pengantin Hayam Wuruk malah diminta sebagai tanda takluk kerjaan Sunda kepada Majapahit. See adu domba di Indonesia sudah ada sebelum VOC berdiri. Cuma -sekali lagi- hanya VOC yang berhasil menguasai Indonesia dengan politik adu dombanya.

Indonesia itu suku bangsanya sangat beragam, kondisi ekonomi dan budayanya juga beragam. Ini merupakan lahan yang sangat subur untuk menerapkan politik adu domba. Ga usah dulu, sekarang saja bentuknya masih ada. Pembentukan propinsi-propinsi baru yang melahirkan raja-raja baru? Ga beda jauh dengan keinginan golongan priyayi menjadi sultan-sultan baru di masa VOC. Coba ketik “politik adu domba voc” atau “divide et empera” di Google, anda akan mendapatkan banyak link yang membahas bagaimana politik dulu dan sekarang masih menggunakan adu domba. Investasi terhadap politik adu domba[2] tetap akan selalu ada selama pemberian label terhadap grup-grup tertentu masih dilakukan.

Inovasi hebat melahirkan inovasi hebat lainnya

Untuk memfasilitasi aktivitas perekonomian yang meningkat, Belanda mendirikan The Amsterdam Exchange Bank[3] yang merupakan cikal bakal sistem keuangan modern. Bank yang terkenal sebagai "the safest and the most reliable and efficient bank in northern Europe" ini adalah bank pertama yang mengeluarkan selembar kertas yang bisa diperdagangkan dan menghasilkan keuntungan kalau disimpan dalam jangka tertentu. Namanya bank money. Kalau sekarang sejenis obligasi[4] gitu.

Ini adalah salah satu inovasi hebat yang berawal dari VOC, selain bendungan dan kincir angin tadi. Saat kuliah saya belajar bahwa kebutuhan fisik seperti makan dan minum adalah kebutuhan dasar manusia. Singkatnya kebutuhan pokok kita adalah uang. Karenanya saya percaya untuk memajukan sebuah negara, perekonomian harus stabil. Jangan harap orang yang mau makan aja susah terpikir untuk menyekolahkan anaknya. Apalagi berharap penduduknya bisa menjadi menjadi penemu, peraih nobel, peneliti, pelukis hebat, dan orang-orang hebat lainnya yang merubah dunia.


Apa sih yang bisa kita pelajari dari sejarah VOC ini?


[1] http://id.wikipedia.org/wiki/Perang_Bubat

[2] http://awigra.blogspot.com/2007/07/menyusur-kawasan-pecinan-lama.html

[3] http://aansetia.wordpress.com/2010/01/14/perusahaan-yang-mengubah-dunia-bagian-2-selesai/#more-455

[4] http://jurnal-sdm.blogspot.com/2009/05/obligasi-pengertian-karakteristik-dan.html

VOC, Inovasi Terbaik Belanda (2)





Artikel ini merupakan lanjutan dari "VOC, Inovasi Terbaik Belanda (1)". Di artikel sebelumnya si capcai membahas lima hal yang Belanda banget. Silahkan dilihat dan dikomentari dulu *kalau belum*.

Kog praktek monopoli dibanggain sih?

Sebenarnya saat itu seluruh perdagangan di dunia bertujuan untuk melakukan monopoli. Perdagangan dengan kekerasan senjata juga merupakan hal yang lumrah. Tidak hanya dilakukan oleh Portugal, Spanyol dan Inggris. Raja-raja di Indonesia seperti Sultan Iskandar Muda dari Aceh dan Sultan Agung dari Mataram juga melakukan praktek "perdagangan" seperti ini. Monopoli yang mereka lakukan juga menelan korban jiwa yang besar loh.

Bahkan sangking ganasnya Sultan Agung dalam mempertahankan monopoli dagangnya di Jawa, ia dijuluki "Genghis Khan dari Jawa". Armada Sultan Iskandar Muda juga mendeportasi, membunuh, dan membakari penduduk di pantai Malaya untuk menjaga harga rempah. Terdengar mirip praktek Hongi-nya Belanda kan?

Jadi praktek monopoli itu bukan hanya dilakukan VOC, namun hanya VOC yang paling berhasil menerapkannya di Indonesia.


Lalu gimana politik adu dombanya?

Pernah dengar Perang Bubat[1]? Perang ini ceritanya terjadi karena Gajah Mada mengadu domba kerajaan Sunda dengan Majapahit. Puteri Dyah Pitaloka Citraresmi yang tadinya dibawa sebagai pengantin Hayam Wuruk malah diminta sebagai tanda takluk kerjaan Sunda kepada Majapahit. See adu domba di Indonesia sudah ada sebelum VOC berdiri. Cuma -sekali lagi- hanya VOC yang berhasil menguasai Indonesia dengan politik adu dombanya.

Indonesia itu suku bangsanya sangat beragam, kondisi ekonomi dan budayanya juga beragam. Ini merupakan lahan yang sangat subur untuk menerapkan politik adu domba. Ga usah dulu, sekarang saja bentuknya masih ada. Pembentukan propinsi-propinsi baru yang melahirkan raja-raja baru? Ga beda jauh dengan keinginan golongan priyayi menjadi sultan-sultan baru di masa VOC. Coba ketik “politik adu domba voc” atau “divide et empera” di Google, anda akan mendapatkan banyak link yang membahas bagaimana politik dulu dan sekarang masih menggunakan adu domba. Investasi terhadap politik adu domba[2] tetap akan selalu ada selama pemberian label terhadap grup-grup tertentu masih dilakukan.

Inovasi hebat melahirkan inovasi hebat lainnya

Untuk memfasilitasi aktivitas perekonomian yang meningkat, Belanda mendirikan The Amsterdam Exchange Bank[3] yang merupakan cikal bakal sistem keuangan modern. Bank yang terkenal sebagai "the safest and the most reliable and efficient bank in northern Europe" ini adalah bank pertama yang mengeluarkan selembar kertas yang bisa diperdagangkan dan menghasilkan keuntungan kalau disimpan dalam jangka tertentu. Namanya bank money. Kalau sekarang sejenis obligasi[4] gitu.

Ini adalah salah satu inovasi hebat yang berawal dari VOC, selain bendungan dan kincir angin tadi. Saat kuliah saya belajar bahwa kebutuhan fisik seperti makan dan minum adalah kebutuhan dasar manusia. Singkatnya kebutuhan pokok kita adalah uang. Karenanya saya percaya untuk memajukan sebuah negara, perekonomian harus stabil. Jangan harap orang yang mau makan aja susah terpikir untuk menyekolahkan anaknya. Apalagi berharap penduduknya bisa menjadi menjadi penemu, peraih nobel, peneliti, pelukis hebat, dan orang-orang hebat lainnya yang merubah dunia.


Apa sih yang bisa kita pelajari dari sejarah VOC ini?


[1] http://id.wikipedia.org/wiki/Perang_Bubat

[2] http://awigra.blogspot.com/2007/07/menyusur-kawasan-pecinan-lama.html

[3] http://aansetia.wordpress.com/2010/01/14/perusahaan-yang-mengubah-dunia-bagian-2-selesai/#more-455

[4] http://jurnal-sdm.blogspot.com/2009/05/obligasi-pengertian-karakteristik-dan.html

23 April 2010

VOC, Inovasi Terbaik Belanda (1)

23 April 2010 capcai bakar




Saat pertama kali mendengar kompetisi menulis blog ini dari seorang teman saya langsung terpikir lima hal yang Belanda banget "Bendungan, Kincir Angin, Tulip, VOC, dan Penjajah".

Negara yang kecil namun padat penduduk ini berhasil membendung lautan dan mengeringkannya dengan kincir angin untuk memperluas tanah mereka. Punya lahan yang lebih luas berarti punya tempat lebih luas untuk menanam tulip (dan menanam hak yang lain tentunya). Bunga tulip yang aslinya berasal dari Asia Barat dimodifikasi oleh Belanda dan sekarang malah menjadi ikon negara mereka. Di Eropa bunga tulip itu tergolong bunga mahal loh.

Membuat satu bendungan yang bisa menahan gelombang air laut berpuluh-puluh tahun dibutuhkan biaya 8 milyar dollar sedangkan untuk memeliharanya diperlukan 500 juta dollar setiap tahun. Waaw! Itu 1/10 nya pendapatan Indonesia di tahun 2009.

Untuk pemeliharaan kincir angin, Belanda menghabiskan biaya 70.000 dolar setahun. Ehm *menelan ludah*. Inilah yang membuat saya berpikir VOC merupakan landasan kuat Belanda untuk menjadi negara maju. VOC yang merupakan inovasi terbaik mereka di bidang ekonomi dan perdagangan menjadi pondasi dan memberikan modal besar bagi negara.

Lihat saja tahun 2002 lalu. Saat Belanda memperingati 400 tahun berdirinya VOC. Acara itu diadakan karena VOC dianggap sebagai pemicu pertumbuhan besar-besaran di bidang ekonomi Belanda. VOC juga mengubah orientasi mereka menjadi global, mengajarkan kemahiran berdagang dan mengubah masa depan Belanda. VOC mengukuhkan kedudukan Belanda sebagai bangsa maritim dan bangsa pedagang.

Apa sih VOC itu?



Lambang VOC diambil dari Wikipedia

Saat saya meng-googling VOC, hampir semuanya menyatakan VOC merupakan perusahaan multinasional pertama dan perusahaan pertama yang modalnya dikumpulkan dari pemegang saham alias pelopor Perseroan Terbatas. Sebenarnya VOC merupakan perusahaan kedua setelah East India Company (EIC) yang dibentuk Inggris. Namun jika East India Company berjaya di India, VOC yang didirikan dua tahun setelahnya berjaya di Indonesia dan tercatat sebagai perusahaan komersial terbesar di dunia pada abad ke-17 mengalahkan EIC. Ia juga berhasil menjadikan Hindia-Belanda sebagai kekuasaan kolonial terkaya di dunia

Vereenigde Oost indische Compagnie (Perserikatan Perusahaan Hindia Timur) atau VOC adalah perusahaan Belanda yang memiliki hak monopoli untuk aktivitas perdagangan di Asia. Meskipun sebenarnya VOC merupakan sebuah badan dagang saja, tetapi badan dagang ini istimewa karena didukung oleh negara dan diberi fasilitas-fasilitas sendiri yang istimewa. VOC boleh melakukan monopoli, memiliki angkatan perang, membuat perjanjian dengan pengusaha setempat, dan membuat mata uang. Bisa dikatakan VOC adalah negara dalam negara.

Hak monopoli ini diberikan untuk menghindari persaingan perdagangan antar sesama pedagang Belanda. Jadi daripada pedagangnya berantem di negeri orang dan tidak membawa keuntungan, negara memutuskan mendirikan VOC. Seluruh pedagang yang ingin mencari rempah-rempah ke Indonesia tinggal bergabung disini. Pembiayaan menggunakan saham juga memperkecil resiko pedagang. Pada masa itu sebuah pelayaran, besar kemungkinan diserang, tenggelam, dan tersesat. Jika hanya ditanggung oleh satu pedagang kebayang kan berapa besar modal yang harus dikeluarkan.

Kog praktek monopoli dibanggain sih?

Soto Jakarta



Ngedapur kali ini ga ada step by stepnya ya.. Masak sambil foto-foto itu REPOT. Resiko makanan hangus dan kamera nyemplung ke api gede.. saya masih sayang si kamera.

Bahan:

* 1 kg daging sapi sengkel (engkel)
* 1 kotak Kara yang 200 ml
* 1250 cc air


Haluskan dan tumis:

* 8 siung bawang merah
* 4 siung bawang putih
* 1/2 sendok teh merica bubuk
* 2 cm jahe
* 1 sendok teh garam

Lalu tambahkan

* 2 lembar daun salam
* 1 cm lengkuas, memarkan
* 1 batang sere, memarkan

Pelengkap:

* 3 batang daun bawang, iris halus
* 1 batang seledri, iris halus
* 4 buah tomat, potong-potong
* 3 sendok makan bawang merah goreng
* Emping goreng

Sambal rebus:

* 20 buah cabai rawit
* 10 buah cabai merah
* 1/2 sendok teh garam
* 100 cc air matang


Cara membuat
Soto: didihkan air, rebus daging sapi tetelan sampai lunak, angkat, potong berbentuk dadu, lalu masukkan kembali ke dalam kuah kaldu.

Tuangkan tumisan bumbu halus ke dalam kuah kaldu tadi, aduk rata, masak hingga mendidih.

Masukkan santan sambil diaduk-aduk, masak hingga seluruhnya matang.

Letakkan tomat dalam mangkuk, tuangi dengan soto, lalu taburi atasnya dengan daun bawang, seledri, dan bawang merah goreng. Sajikan bersama sambal dan emping.

Sambal rebus: rebus cabai rawit dan cabai merah sebentar, tiriskan, haluskan, lalu tambahkan garam dan air, aduk rata.

Bumbunya emang banyak tapi masaknya simpel kog.. dan maknyuss.


20 April 2010

Tweera - Pilih sendiri desain kerudungmu.

20 April 2010 capcai bakar

Foto diambil dari fesbuknya Tweera

Sebagai gadis *hah?!* muslimah yang trendi *hah?! Hah?!* namun tetap ingin memenuhi syariat-syariat agama, kerudung yang bagus, unik, eksklusif, dan "sepertinya mahal" menjadi kebutuhan saya.

Prinsip saya kerudung itu ibarat rambut, potongannya harus up to date, harus seperti rambut model-model cantik nan menawan itu, harus ngikutin trend, ga baik kalau dibiarkan polos, harus pakai aksesoris yang berbeda-beda, yang dimatching-in sama baju, aksesoriesnya harus "standing out" jadi eye catching gitu.

Sayangnya kerudung yang ada sekarang pasaran -mmm secara belinya di Pasar Baru- harganya juga minta fresh graduate macam saya ngelus-ngelus ATM yang isinya hanya cukup untuk biaya administrasi tiga bulan kedepan. Untunglah Keblug memperlihatkan web Tweera kepada saya.

Tweera itu toko online yang menjual kerudung handmade. Asyiknya disini kita bisa memilih desain manik-manik sesuka kita. Manik-maniknya bisa kita sesuaikan dengan pilihan warna kerudung. Jadi kalau punya desain kerudung tapi malas bikinnya bisa pesan ke Tweera loh. Harganya juga lebih murah daripada barang toko. Kerudung paris polos yang di toko dijual 40 ribu-an di Tweera cuma 19 ribu. Untuk harga manik-maniknya mulai dari 40rb-85rb. Jadi paling mahal juga cuma 104rb. Beda jauh kan sama kerudung di toko? Setahu saya paling murah 100rb-an deh.

Terus hasil bincang-bincang dengan pemilik Tweera semua bahan jilbab dan manik-manik yang dipakai itu kualitas KW Superrr. Secara awal bikinnya juga buat senang-senang dipakai sendiri.

Bagian kesukaan saya di web Tweera adalah Mix-match Tools-nya. Waaahh bisa nyoba berbagai jenis hiasan dengan berbagai warna kerudung. Hihi.. senang! Lucu!

Mari dilihat.. waktu pesan tolong selipkan nama saya yaa... mana tau dikasih gratisan sama pemiliknya... hahaha.. ya maklum buat saya -yang belum punya penghasilan melimpah-ruah- barang murah itu ya barang gratisan.. Hahaha.


Ps: Selamat Ulang Tahun ke 29 Keblug, semoga bisnisnya lancaaar jaya. Terima kasih buat makan-makannya. Kadonya baru bisa ini ^^ makanya doain saya cepat dapat kerja dan bisnisnya besar. Teuteup.

14 April 2010

Fulltrek.com memudahkan jalan ke surga hanya dengan 5000 rupiah

14 April 2010 capcai bakar

Ngacung.. yang masih beli CD atau kaset original siapa? Saya enggak -tersipu malu-. Terakhir kali beli ya saat masih SMA.. itu 7 tahun lalu. Waaw!!

Alasannya harga CD dan kaset waktu itu makin tidak terjangkau oleh kantong mahasiswa pas-pasan seperti saya. Apalagi mulai muncul entrepreuner-entrepreuner muda aka teman sendiri yang menawarkan album-album kompilasi murah. Tinggal kasih daftar lagu, tunggu sehari dua hari dan taraaa jadilah cd-cd yang dapat disesuaikan dengan suasana hati. Album kompilasi ini lalu tergantikan dengan MP3 yang jauh lebih banyak dan jauh lebih murah..eh lama-lama kog bisa download sendiri ya? Terima kasih mbah firefox dan engkong google.

Selama ini sih saya ga merasa bersalah. Soalnya belum mampu beli yang asli.. lagian ga ngedownload pemusik dalam negeri sering-sering kog. Suer. Haha. Tapi namanya salah ya salah aja.. kebayang ga sih kita udah rajin sholat, puasa senin kamis dan nyumbang 30% gaji buat fakir miskin tapi ga jadi masuk surga gara-gara punya 17.000 lagu yang didownload tanpa ijin *melirik ichanx* ? Yiayyy serem aja.

Nah sekarang ga ada lagi alasan mahal dan ribet buat punya lagu-lagu halal nan menentramkan jiwa semenjak kehadiran Fulltrek. Okeh.. kalimat barusan lebai sekali. Hihi.

Fulltrek merupakan layanan mobile dari Telkom yang memungkinkan pelanggan Telkom mendownload full track, RBT, music video dan ring tone dari musisi-musisi ternama dengan cara yang legal. Lagunya bisa didownload melalui ponsel maupun PC, tapi harus daftar dulu ya… Daftarnya gampang kog.

Harga lagu yang diberikan juga cukup murah loh. Cuma 5000 rupiah untuk satu lagu. Yang bilang lebih murah MP3 minta dijitak nih…

Belajar jujur itu dari hal kecil. Dari barang yang harganya hanya Rp 5.000. Kalau tidak seperti itu, kita sebelas dua belas dengan Mas Gayus , hanya beda di nominal. Lagian seperti yang saya bilang diatas..Masa rela ga jadi masuk surga hanya gara-gara 17.000 lagu yang didownload tanpa ijin * melirik ichanx lagi.. doyan..hahaha* ?

Ayo mulai berubah.. walau web Fulltreknya masih ngebingungin, walau FAQ nya belum cukup membantu, walau belum ada tester gratis selama sebulan. Eh apa saya aja yang gaptek..jadi bingung? Hihi…

Ps: Mbak/Mas Fulltrek gimana kalau ada download lagu gratis untuk uji coba calon konsumen. Biar reviewnya makin keren. Ga perlu musisi terkenal sih. Musisi indie malah oke. Musisi indienya bisa promosi di Fulltrek, Fulltreknya bisa ngasih uji coba gratis. Sekali dayung dua tiga pulau terlampaui kan? Gimana saya keren kan?

----------

dan btw.. ternyata ada tester gratis selama sebulan. Gubrak. Maluw...

Haluw..haluw


Hehe.. udah pada kangen ya? Posting-posting terakhir mellow-mellow gimana gitu, jadi pada susah komen ya? *melirik Henny*. yaahh minggu-minggu kemarin saya down, capcai juga sayuran, kadang segar kadang layu. Hahaha. Makasih buat teman-teman blog yang nemenin saya. Peluk dan kecup. Halah. Seriously saya banyak dapat teman baru dari blog ini.

April dimulai dengan ceria.. Saya dan Yustin aka keblug serta Rika melaunching titipbeli.com. Titip beli itu web yang melayani pembelian barang-barang dengan metode titip. Namanya nitip, harganya ya tetap harga toko dong. Jadi anda yang nitip mau barang apa, kita yang beliin, kita yang kirimin biar sampai ke rumah. Gampang kan? Cukup nambahin fee 30% dari harga barang aja. Buat ongkos capek. Hahaha. Sekarang sih baru bisa nitip barang-barang yang ada di Bandung. Kalau ada penggemar capcai di luar kota Bandung mau ikutan beliin barang titipan feel free to contact us ya..

Monggo dilirik webnya. Lagi promosi nih.. jadi ongkos titip cukup 20% aja..

Minta doanya juga.. soalnya yang satu sibuk kerja, yang satu sibuk ngurus bayi, yang satu malas kalau pergi sendirian. Hahhaa *dikemplang Keblug dan Rika*

Selain itu teman saya si Erma akhirnya menikah juga... uhuy. Erma dan saya bertemu di blog loh. Komen-komenan, kopdar-kopdaran, kirim-kiriman barang -seringnya dia sih yang ngirimin, makanya doain saya cepat kerja-, curhat-curhatan, dan banyak lagi.


foto diambil dari fesbuknya Eki

Ga dia ga nikah sama dua lelaki. Pria pilihannya yang berpeci itu. Alam namanya (di link ke blog nya Alam ga ya? ;p) Happy married ya Darling.. moga langgeng dan penuh cinta. Maaf ga bisa datang. Makanya doain saya cepat dapat kerja. Hahhaa.. tetep.

Di bulan ini Raie juga udah jadi sarjana. Akhirnya ya Raie... Selamat. Raie ini sesama mahasiswa yang gemar mengerjakan tugas akhir, seperti saya. Hihi.

Foto diambil dari fesbuknya Raie, yang foto Shana

Raie itu yang ditengah, yang pake toga tentunya. Iyaaa dia anak ITb.. ada yang tertarik? Btw.. akhirnya dapat pendamping wisuda ga Raie?

Di bulan ini juga, saya makan sushi untuk pertama kali. Terima kasih buat jeng Rikka -dengan dua K- yang sudah membawa saya ke Sushi Groove dan memberi saya kursus kilat. Rasanya? Saya masih bisa menelannya sih.. cuma belum ketagihan. Amis, padahal saya doyan makan ikan.

Foto diambil dari google dengan kata kunci sushi groove

Sebenarnya ada tiga menu yang dipesanin Rikka, tapi yang satu lagi saya lupa. Buat saya dipesananin yang sebelah kiri itu. Yang matang. tapi tetap aja amis. Huhu. Yang sebelah kanan yang mentah (punyanya rikka), tapi saya coba juga loh.. walau kunyahnya pelan-pelan pelan-pelan pelan-pelan.

Terus.. ini yang paling bikin saya senang riang tak terkira.. Saya menang Fulltrek Write Notes Contest yang diadakan oleh Fulltrek.com, hadiahnya.. hadiahnya... jreng-jreng 1 handset blackberry gemini. Ahay...

Foto diambil dari fesbuknya Fulltrek



*saya sediakan waktu untuk jingkrak-jingkrak*




Hadiahnya belum ditangan sih.. *ditoyooor* Mohon doanya agar ia cepat sampai di pangkuan saya. Selanjutnya saya bingung bayar tagihannya gimana. Hahha...

Btw, Fulltrek masih mengadakan lomba-lomba lain yang berhadiah blacberry dan ipod. Ada lomba mendesain ikon Fulltrek dan lomba Banyak-banyakan Invite Friends. Ayooo dicoba!