SLIDE1

Like capcai in here all things can be mix, put together, and absolutely delicious. Cause this is not common capcai. This capcai is burned out.

17 May 2010

Akhirnya setelah tujuh tahun jadi warga ilegal di kota Bandung, saya punya KTP kota bandung juga.. yippie!!

Sebenarnya saya sudah punya KTP Lhokseumawe, Rancaekek -ada dua malah-, dan Palembang. KTP Lhokseumawe dan Rancaekek hilang, yang Palembang tahun kelahirannya salah. Jadi saya repot kalau mau melamar kerja. Awalnya saya mau bikin KTP sendiri, udah googling sana-sini dan nanya sana-sini. Sayangnya ibu RT susah banget dihubungi. Jadilah saya minta tolong ibu PKK yang sangat aktif untuk "membantu". Voila dalam dua minggu KTP sudah ditangan saya. Biayanya lumayan, Rp 350.000.

Karena ikazain nanya bikin KTP gimana, mari saya beritahu yang seharusnya, yang bukan nembak :)

Saya pendatang di Bandung, jadi harus bikin surat pindah dari tempat asal (Palembang)
  • Bikin surat keterangan pindah dari Palembang
Surat keterangan pindahnya harus sampai ke Dinas kependudukan. Awalnya ke RT RW dulu, terus ke kelurahan, kecamatan, dan dinas kependudukan. Hanya menyerahkan KTP Asli, fotokopi KK, dan KK asli serta foto.

Tips:
Minta orang tua yang ngurusin :p
Dan karena KTP saya ada di Bandung, orang tua nembak juga di palembang. Bayar 150 ribu. Bikin KTP baru dan KK baru.
  • Bikin Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) dari Polres kota asal dengan melampirkan surat keterangan pindah tadi.
Udah selesai baru kita pindah ke kota bandung -saya berhenti di tahap ini dan memilih bayar-
  • Bikin surat pengantar dan master data (untuk Kartu Keluarga) dari RT dan RW di Bandung
  1. beli blanko dan map di dinas kependudukan kota Bandung.
  2. Isi surat permohonan izin tinggal yang ditujukan kepada Walikota Bandung
  3. Bikin surat jaminan tempat tinggal yang ditandatangani oleh RT, RW, Kelurahan, dan Kecamatan
  4. Lampirkan surat keterangan pindah dari kota asal
  5. Lampirkan SKCK dari kepolisian kota asal
  6. Bikin surat keterangan jaminan kerja dari kantor yang diketahui oleh lurah dan camat tempat kita tinggal. Kalau wiraswasta cukup keterangan berpenghasilan.
  7. Fotokopi akte kelahiran
  8. Fotokopi surat nikah bagi yang sudah menikah
  9. Foto 2 x 3 = 3 buah
Jadinya satu minggu-an
  • Setelah dapat surat izin menetap bawa deh ke Kelurahan beserta surat pengantar dan master data dari RT RW Bandung. Tunggu paling lama 14 hari.
Tips:
  • Ga tau siapa Bapak/ibu RT nya? Tanya tukang warung.
  • ga tau siapa pejabat RW? tanya sama pejabat RT.
  • Pejabat RT dan RW paling enak didatangi 30 menit setelah isya. Kemungkinan besar ada di rumah. Bikin surat pengantar dari RT RW nya sekaligus aja buat jaminan tempat tinggal, berpenghasilan, dll.
  • Ga tau dimana dinas kependudukan dan kelurahan serta kecamatan? Pergi ke pangkalan ojeg minta diantarin kesana-kemari. Cukup bayar 20.000-30.000.
Semangat!!

Informasi

(14) Setelah 7 tahun

17 May 2010 capcai bakar

Akhirnya setelah tujuh tahun jadi warga ilegal di kota Bandung, saya punya KTP kota bandung juga.. yippie!!

Sebenarnya saya sudah punya KTP Lhokseumawe, Rancaekek -ada dua malah-, dan Palembang. KTP Lhokseumawe dan Rancaekek hilang, yang Palembang tahun kelahirannya salah. Jadi saya repot kalau mau melamar kerja. Awalnya saya mau bikin KTP sendiri, udah googling sana-sini dan nanya sana-sini. Sayangnya ibu RT susah banget dihubungi. Jadilah saya minta tolong ibu PKK yang sangat aktif untuk "membantu". Voila dalam dua minggu KTP sudah ditangan saya. Biayanya lumayan, Rp 350.000.

Karena ikazain nanya bikin KTP gimana, mari saya beritahu yang seharusnya, yang bukan nembak :)

Saya pendatang di Bandung, jadi harus bikin surat pindah dari tempat asal (Palembang)
  • Bikin surat keterangan pindah dari Palembang
Surat keterangan pindahnya harus sampai ke Dinas kependudukan. Awalnya ke RT RW dulu, terus ke kelurahan, kecamatan, dan dinas kependudukan. Hanya menyerahkan KTP Asli, fotokopi KK, dan KK asli serta foto.

Tips:
Minta orang tua yang ngurusin :p
Dan karena KTP saya ada di Bandung, orang tua nembak juga di palembang. Bayar 150 ribu. Bikin KTP baru dan KK baru.
  • Bikin Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) dari Polres kota asal dengan melampirkan surat keterangan pindah tadi.
Udah selesai baru kita pindah ke kota bandung -saya berhenti di tahap ini dan memilih bayar-
  • Bikin surat pengantar dan master data (untuk Kartu Keluarga) dari RT dan RW di Bandung
  1. beli blanko dan map di dinas kependudukan kota Bandung.
  2. Isi surat permohonan izin tinggal yang ditujukan kepada Walikota Bandung
  3. Bikin surat jaminan tempat tinggal yang ditandatangani oleh RT, RW, Kelurahan, dan Kecamatan
  4. Lampirkan surat keterangan pindah dari kota asal
  5. Lampirkan SKCK dari kepolisian kota asal
  6. Bikin surat keterangan jaminan kerja dari kantor yang diketahui oleh lurah dan camat tempat kita tinggal. Kalau wiraswasta cukup keterangan berpenghasilan.
  7. Fotokopi akte kelahiran
  8. Fotokopi surat nikah bagi yang sudah menikah
  9. Foto 2 x 3 = 3 buah
Jadinya satu minggu-an
  • Setelah dapat surat izin menetap bawa deh ke Kelurahan beserta surat pengantar dan master data dari RT RW Bandung. Tunggu paling lama 14 hari.
Tips:
  • Ga tau siapa Bapak/ibu RT nya? Tanya tukang warung.
  • ga tau siapa pejabat RW? tanya sama pejabat RT.
  • Pejabat RT dan RW paling enak didatangi 30 menit setelah isya. Kemungkinan besar ada di rumah. Bikin surat pengantar dari RT RW nya sekaligus aja buat jaminan tempat tinggal, berpenghasilan, dll.
  • Ga tau dimana dinas kependudukan dan kelurahan serta kecamatan? Pergi ke pangkalan ojeg minta diantarin kesana-kemari. Cukup bayar 20.000-30.000.
Semangat!!

Informasi

16 May 2010

Hasil postingan kemarin, rata-rata banyak yang bilang "teori udah khatam tapi prakteknya nih" Iya.. namanya ngatur duit itu harus disiplin dan niat yang kuat untuk jadi orang kaya. Hihi iya kan Bat? Yus (nama aslinya keblug)?

Nah gimana biar ngeh duit kita suka kebuang sia-sia? Bikin catatan harian.

Beneran loh.. dulu mikirnya "Gw ga beli apa-apa kog duit abis aja ya?" pas ditilik-tilik kebanyakan jajan. Percuma gw masak tapi masih makan di luar. Dan ternyata jajan momogi ga jelas gitu bisa 10.000 sehari. Aihh..

Jaman mama saya nyatetnya di buku kas. Jaman internet gini? Di ngaturduit.com dong. Jadi di ngaturduit.com kita bisa masukin rekening-rekening yang kita punya dan berapa saldonya. Lalu bisa dicatat pengeluaran setiap hari dan direkapitulasi. Jadi kelihatan berapa persen yang kepakai buat makan, buat transportasi, buat jajan, dan banyak lagi. Kategori pengeluaran juga bisa disesuain sama kebutuhan. Misalnya nih, saya ga punya telephone rumah dan kredit-kreditan. Kategori itu bisa dihapus. Saya ada pengeluaran untuk investasi reksadana dan logam mulia, ya ditambah kategorinya.

Di ngaturduit.com kita juga bisa bikin budget pengeluaran untuk bulan ini. Jadi setiap ada pengeluaran bisa kelihatan sisa uang di rekening berapa dan tinggal sisa berapa rupiah lagi untuk makan biar sesuai dengan anggaran. Tu gampang kan nerapin rumus 10-40-30-20 % kemarin.

Jadi sekarang bikin budget yang sesuai rumus 10-40-30-20 itu dan disiplin mematuhi anggaran. Namanya belajar ga bisa langsung oke ya.. tapi minimal dengan tahu penghasilan habis untuk apa saja, kalau habis buat yang ga penting, bisa nyadar dan menyesal. Lalu bulan depan bisa lebih baik. Hihi. Pelan-pelan aja.

Nah mencatat pengeluaran tiap hari itu butuh disiplin loh. Pengeluaran 5000 buat parkir atau 2000 buat jajan momogi juga tetap harus dicatat. Ga usah ke ngaturduit.com tiap hari, tapi catat pengeluaran di handphone (di draft sms gitu) nanti setiap akhir minggu atau bulan tinggal dipindahin.

Terus kemarin neng Erma bilang selama masih surplus berarti masih oke. Iya! itu tandanya masih bisa nabung. Cuma seperti yang di artikel sebelumnya, nabung aja ga bikin kita kaya. Harus investasi! Lagipula katanya mau pensiun muda.. ayo duitnya diinvestasikan biar dapat pasif income. Eh ga mau pensiun muda? Ya kita kan ga tau masa depan gimana. Iya kalau masih bisa kerja. Kalau enggak?

Biasanya nih kalau masih lajang dan belum punya anak, duit rasanya banyak aja. Tapi gitu punya anak? Duh pengeluaran kog jadi banyak ya.. kog duit mepet melulu. Harus bolak-balik ke dokter, pengasuh, susu, pampers, mainan, etc. Iya ga Kak? Hihi

Jadi selama belum punya anak, uang masuk sekolah si (calon) anak dicicil sedikit demi sedikit. Uang masuk sekarang gila-gilaan loh.. puluhan juta aja. Jadi direncanain, nanti si anak mau masuk sekolah apa, uang masuknya berapa? Ubah nominal tadi ke gram-gram-an emas. Tabung deh sekian kilo emas. Emas kan tidak terpengaruh inflasi. Kalau SPP insyaAllah masih sanggup.

Nah yang bisa ngatur duit seperti ini yang penghasilannya berapa? Sebenarnya berapapun penghasilan bisa. Tukang becak aja bisa naik haji. Tukang jual air bisa ngekuliahin semua anaknya. Jadi kalau penghasilannya cuma 1 juta per bulan, tetap bisa investasi kog. reksadana itu cuma perlu 100 ribu per bulan. Anggap aja duit hilang. Gimana Hen? Prinsipnya yang harus diatur itu pengeluaran. Ada uangnya belum tentu mampu kan?

Saya ada uang buat langganan internet 200rb per bulan. Tapi apa udah mampu? Langganan internet tapi ga punya asuransi dan tabungan? Ya berarti belum mampu.. gitu. Apalagi internetnya belum menghasilkan duit.. ya lebih baik numpang di kantor orang. Hihi..

(13) ngaturduit.com

16 May 2010 capcai bakar

Hasil postingan kemarin, rata-rata banyak yang bilang "teori udah khatam tapi prakteknya nih" Iya.. namanya ngatur duit itu harus disiplin dan niat yang kuat untuk jadi orang kaya. Hihi iya kan Bat? Yus (nama aslinya keblug)?

Nah gimana biar ngeh duit kita suka kebuang sia-sia? Bikin catatan harian.

Beneran loh.. dulu mikirnya "Gw ga beli apa-apa kog duit abis aja ya?" pas ditilik-tilik kebanyakan jajan. Percuma gw masak tapi masih makan di luar. Dan ternyata jajan momogi ga jelas gitu bisa 10.000 sehari. Aihh..

Jaman mama saya nyatetnya di buku kas. Jaman internet gini? Di ngaturduit.com dong. Jadi di ngaturduit.com kita bisa masukin rekening-rekening yang kita punya dan berapa saldonya. Lalu bisa dicatat pengeluaran setiap hari dan direkapitulasi. Jadi kelihatan berapa persen yang kepakai buat makan, buat transportasi, buat jajan, dan banyak lagi. Kategori pengeluaran juga bisa disesuain sama kebutuhan. Misalnya nih, saya ga punya telephone rumah dan kredit-kreditan. Kategori itu bisa dihapus. Saya ada pengeluaran untuk investasi reksadana dan logam mulia, ya ditambah kategorinya.

Di ngaturduit.com kita juga bisa bikin budget pengeluaran untuk bulan ini. Jadi setiap ada pengeluaran bisa kelihatan sisa uang di rekening berapa dan tinggal sisa berapa rupiah lagi untuk makan biar sesuai dengan anggaran. Tu gampang kan nerapin rumus 10-40-30-20 % kemarin.

Jadi sekarang bikin budget yang sesuai rumus 10-40-30-20 itu dan disiplin mematuhi anggaran. Namanya belajar ga bisa langsung oke ya.. tapi minimal dengan tahu penghasilan habis untuk apa saja, kalau habis buat yang ga penting, bisa nyadar dan menyesal. Lalu bulan depan bisa lebih baik. Hihi. Pelan-pelan aja.

Nah mencatat pengeluaran tiap hari itu butuh disiplin loh. Pengeluaran 5000 buat parkir atau 2000 buat jajan momogi juga tetap harus dicatat. Ga usah ke ngaturduit.com tiap hari, tapi catat pengeluaran di handphone (di draft sms gitu) nanti setiap akhir minggu atau bulan tinggal dipindahin.

Terus kemarin neng Erma bilang selama masih surplus berarti masih oke. Iya! itu tandanya masih bisa nabung. Cuma seperti yang di artikel sebelumnya, nabung aja ga bikin kita kaya. Harus investasi! Lagipula katanya mau pensiun muda.. ayo duitnya diinvestasikan biar dapat pasif income. Eh ga mau pensiun muda? Ya kita kan ga tau masa depan gimana. Iya kalau masih bisa kerja. Kalau enggak?

Biasanya nih kalau masih lajang dan belum punya anak, duit rasanya banyak aja. Tapi gitu punya anak? Duh pengeluaran kog jadi banyak ya.. kog duit mepet melulu. Harus bolak-balik ke dokter, pengasuh, susu, pampers, mainan, etc. Iya ga Kak? Hihi

Jadi selama belum punya anak, uang masuk sekolah si (calon) anak dicicil sedikit demi sedikit. Uang masuk sekarang gila-gilaan loh.. puluhan juta aja. Jadi direncanain, nanti si anak mau masuk sekolah apa, uang masuknya berapa? Ubah nominal tadi ke gram-gram-an emas. Tabung deh sekian kilo emas. Emas kan tidak terpengaruh inflasi. Kalau SPP insyaAllah masih sanggup.

Nah yang bisa ngatur duit seperti ini yang penghasilannya berapa? Sebenarnya berapapun penghasilan bisa. Tukang becak aja bisa naik haji. Tukang jual air bisa ngekuliahin semua anaknya. Jadi kalau penghasilannya cuma 1 juta per bulan, tetap bisa investasi kog. reksadana itu cuma perlu 100 ribu per bulan. Anggap aja duit hilang. Gimana Hen? Prinsipnya yang harus diatur itu pengeluaran. Ada uangnya belum tentu mampu kan?

Saya ada uang buat langganan internet 200rb per bulan. Tapi apa udah mampu? Langganan internet tapi ga punya asuransi dan tabungan? Ya berarti belum mampu.. gitu. Apalagi internetnya belum menghasilkan duit.. ya lebih baik numpang di kantor orang. Hihi..

15 May 2010

Jadi ceritanya saya memfollow pakar ahli financial di twitter. Ada @mrshananto, pemilik QMFinancial yang gaul dan lucu, ada @AidilAkbar, seorang Wealth Planner dan Pakar Ekonomi Mikro & Keluarga yang fotonya ganteng, ada @SafirSenduk, perencana keuangan yang gemar ganti profile pic dan @MsTyaa, blogger dan menteri keuangan keluarga Priyandhito yang rajin menulis artikel-artikel keuangan serta langsung mempraktekkannya.

Dari situ saya mulai mencatat sedikit-sedikit tips agar kaya raya di usia muda, iyaaa walau belum ada penghasilan *booo plis deh* . Misalnya nih

  • Menabung uang tunai itu ga bikin kita tambah kaya, karena bunganya kecil. Fungsi tabungan lebih kepada ada uang pegangan untuk jaga-jaga

  • Kalau pilih asuransi jangan yang unitlink, karena dana dibagi untuk asuransi dan investasi. Lebih baik pilih asuransi murni lalu investasi di ReksaDana. Hasil investasi-nya juga cover asuransinya lebih besar, karena unitlink investasinya juga di Reksadana.

  • Reksadana itu berfungsi untuk investasi, sedangkan emas berfungsi untuk menjaga level kekayaan kita di titik yang sama. Jadi kalau mau tambah kaya investasi di reksadana. Kalau ga mau jadi miskin investasi di logam mulia aka emas. Soalnya emas ini ga terpengaruh inflasi. Kuliah tahun ini perlu 20 kg emas.. 10 tahun lagi juga tetap perlu 20 kg emas.

  • Porsi investasi itu 10%-30% dari penghasilan. Untuk pemula 10% aja dulu. Terus 10% ini dibagi setengah untuk logam mulia, setengah untuk reksadana.

  • Porsi pengeluaran rutin itu maksimal 40% dari penghasilan. Pengeluaran rutin disini seperti makan, listrik, air, transportasi, etc.

  • merencanakan mengambil kredit rumah? kendaraan? pilih yang cicilan -total- perbulannya cuma 30% dari total penghasilan. Jumlah hutang itu maksimal cuma 30%.

  • biaya lifestyle seperti internet, majalah, pulsa, salon, etc maksimal cuma 20%.

Nanti kelihatan selama ini pengeluaran anda besarnya dimana, udah sesuai belum sama aturan 10%-40%-30%-20% tadi. Kalau belum diubah-ubah deh.. harus berapa yang dialokasikan ke investasi, dikurangi dari pengeluran rutin dan lifestyle atau berapa jumlah kredit yang bisa diambil.

Kalau udah.. bisa main deh ke ngaturduit.com untuk implementasinya nya.

Soal ngaturduit.com dibahas di postingan selanjutnya ya..

(12) Mengatur keuangan

15 May 2010 capcai bakar

Jadi ceritanya saya memfollow pakar ahli financial di twitter. Ada @mrshananto, pemilik QMFinancial yang gaul dan lucu, ada @AidilAkbar, seorang Wealth Planner dan Pakar Ekonomi Mikro & Keluarga yang fotonya ganteng, ada @SafirSenduk, perencana keuangan yang gemar ganti profile pic dan @MsTyaa, blogger dan menteri keuangan keluarga Priyandhito yang rajin menulis artikel-artikel keuangan serta langsung mempraktekkannya.

Dari situ saya mulai mencatat sedikit-sedikit tips agar kaya raya di usia muda, iyaaa walau belum ada penghasilan *booo plis deh* . Misalnya nih

  • Menabung uang tunai itu ga bikin kita tambah kaya, karena bunganya kecil. Fungsi tabungan lebih kepada ada uang pegangan untuk jaga-jaga

  • Kalau pilih asuransi jangan yang unitlink, karena dana dibagi untuk asuransi dan investasi. Lebih baik pilih asuransi murni lalu investasi di ReksaDana. Hasil investasi-nya juga cover asuransinya lebih besar, karena unitlink investasinya juga di Reksadana.

  • Reksadana itu berfungsi untuk investasi, sedangkan emas berfungsi untuk menjaga level kekayaan kita di titik yang sama. Jadi kalau mau tambah kaya investasi di reksadana. Kalau ga mau jadi miskin investasi di logam mulia aka emas. Soalnya emas ini ga terpengaruh inflasi. Kuliah tahun ini perlu 20 kg emas.. 10 tahun lagi juga tetap perlu 20 kg emas.

  • Porsi investasi itu 10%-30% dari penghasilan. Untuk pemula 10% aja dulu. Terus 10% ini dibagi setengah untuk logam mulia, setengah untuk reksadana.

  • Porsi pengeluaran rutin itu maksimal 40% dari penghasilan. Pengeluaran rutin disini seperti makan, listrik, air, transportasi, etc.

  • merencanakan mengambil kredit rumah? kendaraan? pilih yang cicilan -total- perbulannya cuma 30% dari total penghasilan. Jumlah hutang itu maksimal cuma 30%.

  • biaya lifestyle seperti internet, majalah, pulsa, salon, etc maksimal cuma 20%.

Nanti kelihatan selama ini pengeluaran anda besarnya dimana, udah sesuai belum sama aturan 10%-40%-30%-20% tadi. Kalau belum diubah-ubah deh.. harus berapa yang dialokasikan ke investasi, dikurangi dari pengeluran rutin dan lifestyle atau berapa jumlah kredit yang bisa diambil.

Kalau udah.. bisa main deh ke ngaturduit.com untuk implementasinya nya.

Soal ngaturduit.com dibahas di postingan selanjutnya ya..

14 May 2010

Hari ini saya ada tes -lagi- di Jakarta. Panggilan dari PT Bussan Auto Finance, perusahaan yang membiayai kredit motor Yamaha, untuk posisi Coorporate Planning. Ternyata walau sudah berkali-kali ikut tes, saya masih terkagum-kagum -tepatnya terbengong-bengong- mendapati berbagai variasi test.

Kali ini tesnya simpel. Isi data lalu bikin essay dalam bahasa Inggris tentang kenapa kita ingin bekerja di PT BAF dan apa kontribusi yang bisa diberikan untuk perusahaan jika diterima, 750 kata saja. Selanjutnya diberi tes kemampuan matematika dasar (tambah, kurang, kali, bagi) dan tes ketelitian (sisi kiri sama tidak sama sisi kanan) yang masing-masing dikerjakan dalam waktu tiga menit. Banyak-banyakan.

Lalu ada test kepribadian dan test kemampuan excell. Iya excell. Pelajari rumus If, Sum, Average, lookup, bikin diagram, persentase, dan sepertinya itu saja. Hihi. terakhir wawancara deh.

Dan saya selesai saat jam kantor usai di hari jumat. Macet, hujan serta ga tau jalan. Lengkap sudah. Nunggui taksi, penuh. Daripada kebasahan saya memutuskan naik Busway. Tunggu punya tunggu kog penuh banget. Saya takut BB baru dijambret *eh* , Jakarta kan tingkat kriminalitas-nya tinggi. Waktu nunggui busway saya liat di jalan banyak taksi kosong. Ya sudah saya putuskan naik taksi saja.

Keluar dari halte busway -padahal udah bayar- saya lalu menunggu di tepi jalan.. loh kog taksi-taksi ini ga mau berhenti. Sombong sangat. Lihat di twitter -maklum sekarang mobile. dikemplang pembaca- rupanya macet dan banjir. Pyuh...

Sayapun melirik tukang ojek. Dapat satu.. di jam 8 malam. Bayangkan dari jam 5 sore. Seketika saya langsung kagum sama penghuni kota Jakarta -terutama mbak-mbak yang pakai angkutan umum tapi masih pakai highheels-. Jujur saya sempat pengen nangis, udah mau pulang aja ke Bandung. Malu.. saya lembek betul.

Dan hari itu ditutup dengan makan lezat bersama jeng Rikka sambil bertukar gosip. Saya baru kembali ke Bandung jam 12 malam. hahaha..... lupa waktu.

Sekilas info
dari bandung ke Gedung Sentra Mulia, Kuningan naik travel X-trans (depan ciwalk) yang ke Blora. Langsung berhenti di depan gedungnya.

(11) Ke Jakarta aku cari kerjaaa

14 May 2010 capcai bakar

Hari ini saya ada tes -lagi- di Jakarta. Panggilan dari PT Bussan Auto Finance, perusahaan yang membiayai kredit motor Yamaha, untuk posisi Coorporate Planning. Ternyata walau sudah berkali-kali ikut tes, saya masih terkagum-kagum -tepatnya terbengong-bengong- mendapati berbagai variasi test.

Kali ini tesnya simpel. Isi data lalu bikin essay dalam bahasa Inggris tentang kenapa kita ingin bekerja di PT BAF dan apa kontribusi yang bisa diberikan untuk perusahaan jika diterima, 750 kata saja. Selanjutnya diberi tes kemampuan matematika dasar (tambah, kurang, kali, bagi) dan tes ketelitian (sisi kiri sama tidak sama sisi kanan) yang masing-masing dikerjakan dalam waktu tiga menit. Banyak-banyakan.

Lalu ada test kepribadian dan test kemampuan excell. Iya excell. Pelajari rumus If, Sum, Average, lookup, bikin diagram, persentase, dan sepertinya itu saja. Hihi. terakhir wawancara deh.

Dan saya selesai saat jam kantor usai di hari jumat. Macet, hujan serta ga tau jalan. Lengkap sudah. Nunggui taksi, penuh. Daripada kebasahan saya memutuskan naik Busway. Tunggu punya tunggu kog penuh banget. Saya takut BB baru dijambret *eh* , Jakarta kan tingkat kriminalitas-nya tinggi. Waktu nunggui busway saya liat di jalan banyak taksi kosong. Ya sudah saya putuskan naik taksi saja.

Keluar dari halte busway -padahal udah bayar- saya lalu menunggu di tepi jalan.. loh kog taksi-taksi ini ga mau berhenti. Sombong sangat. Lihat di twitter -maklum sekarang mobile. dikemplang pembaca- rupanya macet dan banjir. Pyuh...

Sayapun melirik tukang ojek. Dapat satu.. di jam 8 malam. Bayangkan dari jam 5 sore. Seketika saya langsung kagum sama penghuni kota Jakarta -terutama mbak-mbak yang pakai angkutan umum tapi masih pakai highheels-. Jujur saya sempat pengen nangis, udah mau pulang aja ke Bandung. Malu.. saya lembek betul.

Dan hari itu ditutup dengan makan lezat bersama jeng Rikka sambil bertukar gosip. Saya baru kembali ke Bandung jam 12 malam. hahaha..... lupa waktu.

Sekilas info
dari bandung ke Gedung Sentra Mulia, Kuningan naik travel X-trans (depan ciwalk) yang ke Blora. Langsung berhenti di depan gedungnya.

13 May 2010

(10) Sate Buntel Pak Gino

13 May 2010 capcai bakar


Sate buntelnya Pak Gino, yang konon idamannya pecinta kambing. Menurut saya enakan sate biasa, yang ini bau kambingnya berasa. Saat dimakan langsung kebayang ekor kambing. Hihi...

Tapi secara mahal (4 tusuk 36rb. tapi sebanding sama ukurannya sih.. satu aja kenyang banget) dibungkus juga. Pelan-pelan dihabisin di rumah. Satu hari satu tusuk.. dan rasanya darah tinggi mengancam.

12 May 2010

(9) Meet Binky

12 May 2010 capcai bakar

Today is the day when pictures speaks louder than a worlds. Hahahaha


Yak si Blackbery dari Fulltrek telah tiba.

Dan inilah dia setelah didandani.


Ga.. gw ga suka pink. yang ada cuma warna ini. Jadilah sudah. Matching sama si Suny. And we call her Binky -BB pinky.

11 May 2010

Penggemar Capcai tercinta yang super, anda pasti bertanya-tanya ada apa dengan Si Capcai kog update blog tiap hari, pakai nomer-nomer pulak di judulnya?

Para pembaca yang super jadi ceritanya untuk menyambut Pesta Blogger 2010, salah satu blogger kawakan "Bunda Endhoot" menggelar acara #blog31hari. Disini kami *peserta blog 31 hari maksudnya* berkomitmen mengupdate blog SETIAP HARI di bulan Mei ini. jadi totalnya ada 31 postingan di akhir bulan.

Berhubung saya ikutnya telat, proses ini akan selesai di tanggal 3 Juni 2010. Pyuhhh. Hihi

Terus dapat apa Cai *eh* ? Kog mau ikutan?

Ga dapat apa-apa sih. Saya cuma dapat alasan bisa banjir posting semena-mena. Biasanya kan saya posting kalau pembaca sudah kangen.. minimal sekian hari sekali. Kalau posting tiap hari pasti jadi ga kangen lagi. Jadinya walau kepengen mosting saya tahan-tahan. Hahaha. Nah sekarang saya bisa posting tiap hari.. bisa berbagi hal remeh temeh ga penting. Hahaha.

Yo wess mohon dukungan biar betah sampai 31 hai. Soalnya suka lupa juga. ^^

(8) Ada Apa sih?

11 May 2010 capcai bakar

Penggemar Capcai tercinta yang super, anda pasti bertanya-tanya ada apa dengan Si Capcai kog update blog tiap hari, pakai nomer-nomer pulak di judulnya?

Para pembaca yang super jadi ceritanya untuk menyambut Pesta Blogger 2010, salah satu blogger kawakan "Bunda Endhoot" menggelar acara #blog31hari. Disini kami *peserta blog 31 hari maksudnya* berkomitmen mengupdate blog SETIAP HARI di bulan Mei ini. jadi totalnya ada 31 postingan di akhir bulan.

Berhubung saya ikutnya telat, proses ini akan selesai di tanggal 3 Juni 2010. Pyuhhh. Hihi

Terus dapat apa Cai *eh* ? Kog mau ikutan?

Ga dapat apa-apa sih. Saya cuma dapat alasan bisa banjir posting semena-mena. Biasanya kan saya posting kalau pembaca sudah kangen.. minimal sekian hari sekali. Kalau posting tiap hari pasti jadi ga kangen lagi. Jadinya walau kepengen mosting saya tahan-tahan. Hahaha. Nah sekarang saya bisa posting tiap hari.. bisa berbagi hal remeh temeh ga penting. Hahaha.

Yo wess mohon dukungan biar betah sampai 31 hai. Soalnya suka lupa juga. ^^

10 May 2010

pernahkah kamu ke dunia peri? Dimana mahluk langsing bersayap kelap-kelip menjalin rumput sebagai tempat tinggal dan bercinta di kelopak bunga? keindahan mereka tidak bisa disamakan dengan embun pagi yang disinari mentari atau kerlip kunang-kunang.

namun jika kau berjalan sedikit jauh ke belakang. ke bagian hutan tergelap kau akan menemukan sekelompok peri yang berbeda. peri-peri ini berkulit hitam, badannya terlalu besar sehingga sayap mereka seperti ornamen yang dengan kasar ditempelkan di punggung. mereka tinggal di dalam pohon yang mati tersambar petir.

Tambahin yah kalo ada yang punya ide tulisan :)

(7) Dunia peri part I

10 May 2010 capcai bakar

pernahkah kamu ke dunia peri? Dimana mahluk langsing bersayap kelap-kelip menjalin rumput sebagai tempat tinggal dan bercinta di kelopak bunga? keindahan mereka tidak bisa disamakan dengan embun pagi yang disinari mentari atau kerlip kunang-kunang.

namun jika kau berjalan sedikit jauh ke belakang. ke bagian hutan tergelap kau akan menemukan sekelompok peri yang berbeda. peri-peri ini berkulit hitam, badannya terlalu besar sehingga sayap mereka seperti ornamen yang dengan kasar ditempelkan di punggung. mereka tinggal di dalam pohon yang mati tersambar petir.

Tambahin yah kalo ada yang punya ide tulisan :)

09 May 2010

Hari itu saya pulang malam. Di henpon yang hari itu lupa dibawa bareng terdapat 6 misscal. Satu nomor. Nomor jakarta.

Nomor jakarta hanya berarti satu buat saya "Panggilan Kerja" <<<< seandainya bisa pakai efek kelap-kelip dan glitter. *balada jobseeker*

Esok paginya saya menghubungi nomor tersebut. Tersambung ke salah satu perusahaan. Yes benar! Sayangnya minta extension. Pyuhh.. tekan 0 untuk bantuan operator.

Saya jelaskan kalau saya kemarin menerima telepon, namun tidak bisa saya angkat karena ketinggalan.

Kesalahan 1: harusnya langsung minta sambungin ke HR

Dan saya diminta menunggu panggilan telepon saja. Nanti akan ditelepon ulang. Pyuhh.

Ga mau menyerahkan nasib kepada Operator saya memutuskan untuk mengirim email ke bagian HR. Untunglah melamarnya lewat email.

dan taraaaa langsung dapat balasan jadwal tesnya.

Pelajaran yang bisa kita ambil:
Kalau anda dapat panggilan kerja tapi karena satu dan lain hal tidak terjawab, maka Terus hubungi perusahaan lewat semua jalaur komunikasi.

(6) Balada Pencari Kerja

09 May 2010 capcai bakar

Hari itu saya pulang malam. Di henpon yang hari itu lupa dibawa bareng terdapat 6 misscal. Satu nomor. Nomor jakarta.

Nomor jakarta hanya berarti satu buat saya "Panggilan Kerja" <<<< seandainya bisa pakai efek kelap-kelip dan glitter. *balada jobseeker*

Esok paginya saya menghubungi nomor tersebut. Tersambung ke salah satu perusahaan. Yes benar! Sayangnya minta extension. Pyuhh.. tekan 0 untuk bantuan operator.

Saya jelaskan kalau saya kemarin menerima telepon, namun tidak bisa saya angkat karena ketinggalan.

Kesalahan 1: harusnya langsung minta sambungin ke HR

Dan saya diminta menunggu panggilan telepon saja. Nanti akan ditelepon ulang. Pyuhh.

Ga mau menyerahkan nasib kepada Operator saya memutuskan untuk mengirim email ke bagian HR. Untunglah melamarnya lewat email.

dan taraaaa langsung dapat balasan jadwal tesnya.

Pelajaran yang bisa kita ambil:
Kalau anda dapat panggilan kerja tapi karena satu dan lain hal tidak terjawab, maka Terus hubungi perusahaan lewat semua jalaur komunikasi.

08 May 2010

Saya jarang nonton berita. Bikin emosi melihat negara kog kacau balau begini. Pemerintah kog ga beres. DPR kog "cerdas" banget. Orang yang ga jelas kog bisa jadi pemimpin. Sekalinya nonton, saya pasti kesal dan sedih luar biasa. Ngomel. Lalu bertekad pindah kewarganegaraan. Buat apa peduli sama negara yang ga peduli sama saya?

Tapi seseorang mengingatkan

"Ga usah protes soal negara. Jadi warga negara yang baik, berkarya, gaungkan nama Indonesia. Cukup."

Iya ya.. kalau semua orang berpikir begitu... kita akan maju.

Lalu seorang teman bilang

"Teman gw banyak yang jadi PNS, semoga Indonesia lebih baik ya.. Gw tau gimana teman gw.. dan mereka hebat"

Iya saya berharap banyak dari generasi saya. Semoga kami tidak berubah. Semoga kami masih ingat bagaimana sakit hatinya kami saat mengetahui Gayus meng-korupsi pajak. Pajak yang kami bayar dengan senang hati demi memajukan negara. Pajak yang dipotong dari pendapatan kami yang ternyata lebih kecil dari tunjangan Gayus.

Semoga kami selalu ingat betapa sedihnya kehilangan orang sehebat Sri Mulyani, orang pintar yang bekerja keras demi kepentingan negara, bukan orang yang bekerja untuk partai politik. Dan masih tersenyum walau dimaki-maki sama Pansus Century yang ga paham ekonomi.

Mengutip kata Suami Gila

Sekarang, dia pergi ke World Bank dan kita stuck dengan orang-orang bodoh ini. Orang-orang bodoh yang kita bayar gajinya pakai uang pajak kita. Orang-orang bodoh yang menyalahkan SMI mengucurkan dana 6.7 trilyun dan dengan cerdasnya meminta 1.7 trilyun untuk renovasi bangunan.

Kita stuck dengan orang-orang ini. Ironis.

Iya saya sedih lihat negara ini. Kecewa. Kesal. Marah. Tapi kata Om Iwan Fals di lagu Sumbang

Lusuhnya kain bendera di halaman rumah kita,bukan satu alasan untuk kita tinggalkan
Iya om... saya cinta negara ini.. saya marah karena saya peduli. Karena saya sayang.


Demi Indonesia yang lebih baik.

(5) bukan alasan untuk kita tinggalkan

08 May 2010 capcai bakar

Saya jarang nonton berita. Bikin emosi melihat negara kog kacau balau begini. Pemerintah kog ga beres. DPR kog "cerdas" banget. Orang yang ga jelas kog bisa jadi pemimpin. Sekalinya nonton, saya pasti kesal dan sedih luar biasa. Ngomel. Lalu bertekad pindah kewarganegaraan. Buat apa peduli sama negara yang ga peduli sama saya?

Tapi seseorang mengingatkan

"Ga usah protes soal negara. Jadi warga negara yang baik, berkarya, gaungkan nama Indonesia. Cukup."

Iya ya.. kalau semua orang berpikir begitu... kita akan maju.

Lalu seorang teman bilang

"Teman gw banyak yang jadi PNS, semoga Indonesia lebih baik ya.. Gw tau gimana teman gw.. dan mereka hebat"

Iya saya berharap banyak dari generasi saya. Semoga kami tidak berubah. Semoga kami masih ingat bagaimana sakit hatinya kami saat mengetahui Gayus meng-korupsi pajak. Pajak yang kami bayar dengan senang hati demi memajukan negara. Pajak yang dipotong dari pendapatan kami yang ternyata lebih kecil dari tunjangan Gayus.

Semoga kami selalu ingat betapa sedihnya kehilangan orang sehebat Sri Mulyani, orang pintar yang bekerja keras demi kepentingan negara, bukan orang yang bekerja untuk partai politik. Dan masih tersenyum walau dimaki-maki sama Pansus Century yang ga paham ekonomi.

Mengutip kata Suami Gila

Sekarang, dia pergi ke World Bank dan kita stuck dengan orang-orang bodoh ini. Orang-orang bodoh yang kita bayar gajinya pakai uang pajak kita. Orang-orang bodoh yang menyalahkan SMI mengucurkan dana 6.7 trilyun dan dengan cerdasnya meminta 1.7 trilyun untuk renovasi bangunan.

Kita stuck dengan orang-orang ini. Ironis.

Iya saya sedih lihat negara ini. Kecewa. Kesal. Marah. Tapi kata Om Iwan Fals di lagu Sumbang

Lusuhnya kain bendera di halaman rumah kita,bukan satu alasan untuk kita tinggalkan
Iya om... saya cinta negara ini.. saya marah karena saya peduli. Karena saya sayang.


Demi Indonesia yang lebih baik.

07 May 2010

(4) Tes Kerja: PT Pembangunan Jaya Ancol

07 May 2010 capcai bakar


Iya ini perusahaan yang bikin Taman Impian Jaya Ancol itu loh, bikin Dufan, Seaworld dan banyak lagi. Saya men-drop CV di perusahaan ini saat job fair di ITB. Dan dapat panggilan Tes Kemampuan beberapa minggu kemudian.

Tahapan tes:
  1. Kemampuan
  2. Wawancara SDM
  3. Wawancara User
  4. Wawancara Direksi
  5. Kesehatan
Tes Kemampuan verbal, abstrak, dan matematika

Tes kemampuan verbalnya seperti ini, Ada artikel lalu ada pilihan (a) Benar dan dapat disimpulkan dari artikel tersebut (b) Salah dan dapat disimpulkan dari artikel tersebut (c) tidak dapat disimpulkan. Semua soalnya seperti ini.

Tes kemampuan abstraknya menentukan lokasi dan jumlah lubang jika selembar kertas yang dilipat sedemikian rupa dilubangi. Nah..pusing-pusing da.. Tapi ini tes abstrak yang paling menyennagkan yang pernah saya coba. Biasanya ngeliatnya aja bikin pusing. Hihi

Tes Matematika. Kita diberi satu lembar data berbentuk tabel. Tabelnya banyaaaaaakkk. Dari tabel itu kita diminta menjawab seluruh pertanyaan. Dan pertanyaannya ga gampang loh.. ada pertanyaan

"jika perusahaan ingin mengurangi biaya, faktor mana yang paling berpengaruh?"

jawabannya
(a) faktor a sekian persen dan faktor b sekian persen
(b) faktor b sekian, faktor c sekian
dan kombinasi lainnya.

*menelan ludah*

Hasil test langsung diumumkan hari itu lewat SMS yang lolos akan dihubungi lewat sms untuk wawancara SDM esok harinya.

Gaji dan lain-lain

Untuk S1 selama 1 tahun (masa kontrak) gajinya 3,75 juta rupiah per bulan. Itu take home pay. Dalam setahun dapat 16 kali gaji (12 gaji bulanan, gratifikasi 3 kali, dan thr 1 kali)

Bonus tahunan biasanya didapat pada bulan Juni (setelah RUPS) sebesar 5-6 kali gaji.

Setelah setahun gajinya naik jadi 4,5 juta. Setelah setahun itu berdasarkan hasil review setiap tiga bulan sekali peserta yang lulus bisa diangkat jadi karyawan tetap, kontrak dilanjutkan, atau kontrak tidak diperpanjang.

Fasilitas: Ada Jamsostek, asuransi jiwa, Dana Pensiun, pesangon, dan tentunya tiket masuk ke wahana-wahana.

Good Luck!

06 May 2010

(3) Chicken Teriyaki

06 May 2010 capcai bakar



Bulan ini kita bikin chicken teriyaki ya. Gampang (terbukti dengan ada foto step by stepnya) dan ga kalah enak dengan hokben. Bisa banyak lagi.. Puas deh! Seharusnya ini pakai paprika atau cabai gendot. Tapi berhubung orang rumah ga tahan makan pedas, jadi aja ga pakai paprika




Bahan:
* 1 ekor ayam, tulang dan kulitnya dibuang. (minta sama tukang ayamnya.. jangan ngerjain sendiri.. repot)
* 6 siung bawang putih. Cincang halus, sampai kecil..kecil..kecil
* 2 cm jahe. Cincang halus juga
* 2 bawang bombai. Cincang,

Saus perendam
* 6 sdm saus teriyaki
* 6 sdm kecap manis
* garam secukupnya
* merica bubuk secukupnya


Yuk Masaaakkk

1. Rendam ayam dengan saus teriyaki, kecap manis, dan merica. Diamkan selama 30 menit.



Silahkan main fesbuk, blogging, nonton telenovela dulu.

2. Panaskan Minyak. Tumis cincangan bawang putih dan jahe.



3. Masukkan ayam. Ayamnya aja. Bumbu perendamnya nanti. Tunggu sampai matang -ditandai dengan daging ayam jadi berwaarna putih. Tambahkan sisa bumbu perendam.



4. Masukkan bawang bombay setelah ayam matang. Kalau yang suka pedas bisa ditambahkan paprika atau cabe gendot. Aduk sebentar sampai layu, jadi deh.



4. Hidangkan bersama sop wortel, lobak, dan jamur... Hihi.. secara nurut gw irisan kol bukan sayur. hahaha



Selamat mencoba. Kalau berhasil kasih tau gw ya?

05 May 2010

(2) Sebenarnya

05 May 2010 capcai bakar

Saya kangen kopdar sama anak-anak blogger.


Kangen jalan-jalan sama anak backpacker. Gilaaa.. Backpackeran sama mereka bikin nyandu.


Tapi.. kopdar dan jalan-jalan butuh uang kan? Dan saya masih berstatus Pengangguran.

Walau saya bisa minta ke Yayasan Cinta Kasih, saya ga mau. Bukan gengsi, cuma takut terjebak dalam kondisi nyaman. Ga kerja tapi punya uang dan punya waktu banyak. Enak banget kan?

Jadi saya bertekad ga akan senang-senang dulu sebelum punya penghasilan. Tampak seperti menghukum diri sendiri? Biarlah.. Biar giat!

04 May 2010

(1) Balada Sensus : Kata Siapa?

04 May 2010 capcai bakar

foto diambil dari sini

Suatu hari di sore yang cerah, seorang petugas sensus yang mengemban amanat pemerintah untuk mendata kondisi sosial ekonomi penduduknya yang semakin bejibun dan tidak punya KTP karena Ibu RT tidak pernah di tempat *iya curhat* mendatangi kediaman si Capcai yang sedang nonton sinetron bule *iya boo serial tivi itu sinetron juga, dengan aktor yang lebih ganteng tentunya*.


capcai (c) : suci HUMA-ira SOP-HIA, pakai "P" SOP-HIA

Petugas Sensus (PS) : *menulis* SUCI HUMAIRA SOVIA

c : *dalam hati* kata siapa orang sunda ga bisa bilang "V" *ogah protes, toh ini sensus termurah sedunia, cuma 3,3 triliun saja*


Dan BTW kejadian 10 tahun sekali ini terjadi dari balik jendela, secara si capcai dikunci orang rumah saat tidur sore demi kecantikan wajahnya. Untunglah cuma sebentar, cuma nanya nama lengkap, tempat tanggal lahir, pendidikan, pekerjaan, dan pakai gas/ handphone/ internet/ ledeng/ PLN?

Agama saya rupanya sudah jelas. Ga ada tuh pertanyaan KB-KB-an seperti petugas sensus di rumah RI 1.

foto diambil dari sini . Rompinya mau donggg




Ps:tadi niatnya postingan singkat saja. Huh!